Jenis Pupuk yang Dikenal Masyarakat dan Manfaatnya

jenis pupuk

Mungkin Anda sudah tahu, bahwa jenis pupuk ini ternyata banyak – pun fungsi dan manfaatnya berbeda-beda. Ada pupuk yang berfungsi untuk mengkondisikan keasaman tanah, ada yang yang bermanfaat untuk mengembalikan nutrisi ke dalam tanah, bahkan ada pula yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan tanaman. Dalam artikel ini, AgriAku akan membahas jenis-jenis pupuk dan manfaatnya dalam bidang pertanian.

Jenis Pupuk Organik

Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang seluruh atau sebagian material pembuatnya berasal dari sisa-sisa biologis makhluk hidup. Sisa-sisa organik tersebut, seperti kayu, daun, dan kotoran hewan ternak, mengalami proses alamiah sehingga dapat mengembalikan nutrisi-nutrisi pada tanah dan membantu pertumbuhan tanaman. Tapi tahukah Anda bahwa tiap pupuk organik memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai kebutuhan dan kondisi tanah?

1. Pupuk Kompos

Pupuk kompos dapat dibuat dari sampah organik tanaman atau hewan, misalnya daun kering, batang, hingga sisa makanan organik.

Pupuk kompos terbuat dari pelapukan sisa organik tanaman atau hewan yang mengalami proses fermentasi secara alamiah oleh organisme pengurai. Kompos biasanya langsung dicampurkan pada tanah untuk mempersiapkan tanah menjadi media tanam yang baik.

2. Pupuk Hijau

Sesuai dengan namanya, pupuk hijau terbuat dari sisa-sisa tanaman yang dimanfaatkan untuk memberikan nutrisi tambahan pada tanaman. Berbeda dengan jenis-jenis pupuk lainnya, pupuk hijau tidak memerlukan proses penguraian terlebih dahulu, melainkan langsung dibenamkan dalam tanah. Jenis tanaman yang paling sering digunakan untuk membuat pupuk hijau adalah kacang-kacangan dan tanaman air.

3. Pupuk Hayati Organik

Telah digunakan sejak 100 tahun yang lalu, pupuk hayati organik terbuat dari mikroorganisme yang bisa membantu menyediakan nitrogen, melarutkan fosfor, serta melakukan sintesis enzim yang diperlukan oleh tanaman.

4. Pupuk Humus

Pupuk humus atau tanah humus adalah merupakan bagian tanah yang sangat subur dan terbuat dari pelapukan alamiah segala jenis komponen organik. Sejatinya, humus terbentuk secara natural, namun Anda juga bisa membuat tanah humus sendiri di rumah.

5. Pupuk Kandang

Sesuai dengan namanya, pupuk kandang terbuat dari kotoran hewan-hewan ternak, seperti kambing, sapi, dan ayam. Kotoran yang dikumpulkan ini kemudian didiamkan hingga kering dan dingin, lalu dicampurkan ke tanah agar siap menjadi media tanam yang baik.

Jenis Pupuk Anorganik

Sesuai dengan namanya, pupuk anorganik atau pupuk kimia ini terbuat dari bahan-bahan kimia yang sengaja ditambahkan untuk memberi nutrisi kepada tanaman. Selain itu, pupuk kimia juga dapat digunakan untuk memodifikasi kondisi tanah sehingga membantu proses pertumbuhan tanaman. Pupuk anorganik ini lebih cepat diserap oleh tanah karena tidak perlu melalui proses penguraian.

Pupuk anorganik biasanya dipakai untuk memodifikasi kondisi tanah agar lebih cocok untuk tanaman tertentu.

1. Pupuk NPK Phonska

Pupuk NPK memiliki kandungan berbagai senyawa yang bermanfaat untuk tanaman, seperti natrium, fosfor, sulfur, kalium, dan magnesium. Zat-zat ini berguna untuk mencegah kekerdilan tanaman, merangsang dan memperkuat pertumbuhan akar sehingga dapat menyerap unsur hara pada tanah dengan lebih optimal. Pupuk NPK Phonska ini dapat digunakan sebagai pupuk dasar atau pupuk susulan.

2. Pupuk Urea

Paling diminati oleh petani, pupuk Urea memiliki kadar nitrogen sebanyak 46%. Kadar nitrogen yang tinggi ini membuat tanaman memproduksi klorofil lebih banyak, sehingga memudahkan proses fotosintesis.

Di sisi lain, pupuk Urea juga mengandung gas asam arang – membuat tanah menjadi sedikit asam. Kondisi tanah semacam ini mungkin kurang sesuai untuk beberapa jenis tanaman. Penyimpanannya pun harus di suhu yang tepat – tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak lembab – untuk menjaga kualitas pupuk.

3. Pupuk KCl (Kalium Klorida)

Pupuk KCl ini terbuat dari mineral kalim yang mengandung 60% kalium di dalamnya. Jenis pupuk yang satu ini sering digunakan untuk membantu pertumbuhan padi, jagung, tebu, jahe, cabai, dan kacang-kacangan. Namun perlu diingat, pupuk ini mengandung klorida yang mungkin bersifat toksik (racun) untuk beberapa jenis tanaman, seperti wortel dan kentang.

4. Pupuk Dolomit

Karena bentuknya yang berupa serbuk halus berwarna putih, pupuk dolomit juga sering disebut sebagai kapur pertanian. Berbeda dengan ketiga pupuk anorganik sebelumnya, pupuk dolomit ini dipakai untuk menetralkan tanah yang cenderung asam menjadi netral.

5. Pupuk SP-36

Pupuk SP-36 ini biasanya digunakan oleh para petani untuk memberikan hasil panen yang lebih banyak. Kandungan asam sulfat dan fosfor alam dalam pupuk ini dapat memperbaiki kualitas biji, menguatkan batang tanaman, memperbesar jaringan sel tanaman, serta merangsang produksi buah.

6. Pupuk ZA

Bernama lengkap pupuk Zwavelzure Amonium, pupuk ini memiliki kandungan 21% nitrogen dan 24% sulfur. Pupuk ini memiliki reaksi yang lambat, sehingga sering digunakan petani sebagai pupuk dasar. Namun, tanaman yang tumbuh dari tanah yang diberi pupuk ZA memiliki kualitas yang baik dan biasanya lebih tahan hama.

7. Pupuk ZK

Sejenis dengan sebelumnya, pupuk ZK ini memiliki nama lengkap Zwavelzure Kali. Pupuk inilah yang biasanya digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman wortel dan kentang berkat kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu, pupuk ini juga aman untuk disimpan di daerah dataran tinggi.

—–

Demikan jenis-jenis pupuk yang biasa digunakan oleh petani Indonesia. Yang mana yang sering Anda gunakan?

Gunakan aplikasi AgriAku untuk melengkapi kebutuhan pertanian Anda. Hanya dengan beberapa langkah mudah, Mitra dapat berbelanja saprotan dengan lebih mudah, lebih cepat, dan banyak untungnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengirimkan email Customer Service AgriAku Prioritas di cs.prioritas@agriaku.com atau mengirim pesan WhatsApp Customer Service AgriAku Prioritas di 0818 0407 3116 atau Anda dapat langsung tinggalkan komen di artikel ini.

Jadi Pulau Organik, Bali Targetkan 45 Ribu Hektare di Akhir 2022

Wayan Coster tentang pertanian organik di G20
Wayan Coster sampaikan target pertanian organik Bali di Forum G20 (Istimewa)

Gubernur Bali, Wayan Coster, mengutarakan target seluruh pertanian Bali mampu menggunakan sistem pertanian organik yang ramah lingkungan. Setidaknya 45 ribu hektare pertanian sedang disiapkan dan akan rampung di akhir 2022 ini. Hal ini yang disampaikan Wayan di Global Forum on Digital Agriculture Transformation in Accelerating Women and Youth Entrepreneurship di Denpasar, Bali, 27 – 29 September kemarin.

“Dari 70.000 hektare yang ada, 40.000 di antaranya ditargetkan sudah organik,” ungkap Wayan Coster (28/9). “Kami bertekad semua pertanian Bali harus total organik menjadi pulau organik agar menghasilkan pangan yang sehat dan berkualitas serta tidak menimbulkan polusi bagi lingkungan, tidak merusak lingkungan,” lanjutnya.

Menurut Wayan, sistem pertanian organik pun sudah menjalar ke subsektor perkebunan. Terdapat setidaknya 154 ribu hektare kebun organik dari total sekitar 200 ribu hektare perkebunan di Bali. Tak hanya itu, Wayan juga menjelaskan adanya hilirisasi pertanian oleh warga Bali dengan melakukan berbagai macam pengolahan pangan sehat berbasis kearifan lokal. “Kami berharap pertanian akan memberi kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian Bali dan akan membuat Bali lebih mandiri dalam bidang perekonomian,” pungkasnya.

Kendati lebih dikenal sebagai daerah wisata, ternyata pertanian masih menjadi urutan pertama dalam 6 pilar ekonomi Bali, disusul kelautan dan perikanan. Barulah yang terakhir merupakan sektor pariwisata berbasis budaya berkualitas dan bermartabat.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, sektor pertanian merupakan jawaban pasti dalam menghadapi berbagai persoalan dunia, terutama masalah pangan. Kebersamaan seluruh masyarakat, termasuk peran anak muda dalam membangun pertanian modern merupakan kunci dalam membangun ketahanan pangan Indonesia.

Ia melanjutkan bahwa saat ini banyak wirausaha muda menunjukkan kreativitasnya dengan meningkatkan nilai tambah produk pertanian; baik melalui kualitas, keamanan, fungsi, maupun penciptaan produk olahan baru yang sesuai dengan preferensi konsumen. Hal ini mengindikasikan adanya potensi besar bagi wirausaha muda untuk memotori perubahan pertanian konvensional menjadi lebih modern dan berkelanjutan.

Memperkenalkan Aplikasi AgriAku Mitra Terbaru!

Aplikasi AgriAku – Solusi Menguntungkan Bagi Mitra, Trader dan Pemilik Kios Pertanian

aplikasi agriaku

Sebagai perusahaan agrobisnis lokal terkemuka di Indonesia, aplikasi AgriAku hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, khususnya para mitra, trader dan pemilik kios pertanian agar para mitra mendapatkan barang-barang kebutuhan pertanian dengan harga yang terjangkau.

Melalui teknologi, pemesanan saprotan (sarana produksi pertanian) kini lebih praktis dan mudah dengan aplikasi AgriAku. Di aplikasi ini, para mitra akan mendapatkan berbagai keuntungan menarik seperti:

  1. Lebih mudah daftar, gratis dan aman
  2. Lebih mudah catat transaksi
  3. Lebih mudah cari produk pertanian berkualitas dengan harga terjangkau

Untuk menjadi Mitra AgriAku, pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi form di sini. Setelah mendaftar, tim AgriAku akan segera memproses dan menghubungi Anda. Pendaftaran menjadi mitra AgriAku ini GRATIS, tanpa dipungut biaya apa pun.

Dengan memesan di Aplikasi AgriAku, proses pemesanan saprotan terjamin aman, cepat dan mudah. Hanya dengan beberapa langkah mudah, para mitra akan mendapatkan barang sesuai pesanannya. Para Mitra AgriAku dapat memesan barang dari mana pun dan kapan pun, praktis!

Mencari benih, pupuk, agrochemical hingga alat-alat pertanian, semua tersedia dengan harga yang terjangkau. Para mitra pun bisa mendapatkan keuntungan berlipat hanya dengan menjadi mitra AgriAku.

Tertarik menjadi Mitra kami? Mari bergabung bersama 1000 mitra lainnya untuk mencapai keuntungan yang maksimal bersama AgriAku.
Punya pertanyaan? Silakan kirim melalui email di info@agriaku.com atau kunjungi akun sosial media kami di facebook.com/agriaku dan instagram.com/agriaku.

Bermitra dengan AgriAku: Omset Meningkat, Untung Berlipat!

bermitra dengan AgriAku

Jika Bapak dan Ibu memiliki usaha di bidang pertanian, khususnya pemilik Toko Tani atau Kios Tani, kini saatnya Anda mengembangkan usaha dan bermitra dengan AgriAku. Sebagai pengusaha yang ingin sukses dalam menjual alat-alat kebutuhan pertanian, tentunya Anda ingin adanya peningkatan omset dalam penjualannya. Menurut KBBI, omzet atau omset adalah jumlah uang hasil penjualan barang dagangan tertentu selama suatu masa jual. Cara menentukan omset adalah dengan mengalikan harga dengan jumlah produk yang terjual.

Hasil omset tersebut belum dikurangi dengan HPP (Harga Pokok Penjualan) dan biaya lainnya seperti listrik, air, biaya pegawai dan sebagainya. Bisa dikatakan omset adalah laba kotor atau pendapatan kotor dari hasil penjualan Anda. Untuk mendapatkan profit atau laba bersih yang besar, Anda perlu mendapatkan barang-barang dengan harga yang lebih murah untuk dapat dijual kembali.

Untungnya dengan hadirnya AgriAku, para pengusaha bisa mendapatkan barang-barang saprotan (sarana produksi pertanian) dengan harga yang sangat terjangkau. Para pengusaha mau pun trader hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah dan mendaftarkan diri untuk bermitra dengan AgriAku.

Dengan menjadi mitra AgriAku, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan-keuntungan yang menarik seperti:

  1. Lebih mudah daftar, gratis dan aman
  2. Lebih mudah catat transaksi
  3. Lebih mudah cari produk pertanian berkualitas dengan harga terjangkau

Didukung oleh teknologi terkini, AgriAku juga menghadirkan aplikasi untuk para mitra agar dapat memesan kebutuhan saprotan kapan pun dan di mana pun. Para mitra dapat mengunduh aplikasi AgriAku yang telah tersedia di Google Play. Di dalam aplikasi AgriAku, Anda dapat memesan berbagai macam alat-alat pertanian yang lengkap seperti benih, pupuk, agrochemical hingga alat-alat pertanian.

Mau mendapatkan semua keuntungan ini? Yuk, bermitra dengan AgriAku dan kunjungi website kami di sini untuk mendaftar. Setelah mendaftar, tim kami akan segera memproses kemitraan Anda. Bersama AgriAku, raih omset yang meningkat dengan keuntungan yang berlipat!

Punya pertanyaan? Silakan kirim melalui email di info@agriaku.com atau kunjungi akun sosial media kami di facebook.com/agriaku dan instagram.com/agriaku.

Apa itu AgriAku? Yuk Kenali Lebih Dekat

AgriAku

AgriAku adalah perusahaan agrobisnis lokal terkemuka di Indonesia. Berdiri sejak awal tahun 2021, kami hadir sebagai solusi bagi para mitra AgriAku (trader dan pemilik toko pertanian) untuk mendapatkan saprotan (sarana produksi pertanian) dengan harga yang terjangkau. Kami hadir di kota-kota besar di Indonesia seperti Lampung, Gorontalo dan akan hadir di kota-kota berikutnya.

Kami menyediakan berbagai macam alat-alat pertanian yang lengkap seperti benih, pupuk, agrochemical hingga alat-alat pertanian. Pemesanan saprotan pun sangatlah mudah. Para mitra hanya perlu mengunduh aplikasi AgriAku yang telah tersedia di Google Play. Dengan integrasi teknologi, Anda tak perlu lagi repot mendatangi distributor satu per satu untuk mengecek persediaan alat-alat pertanian yang Anda butuhkan. Cukup dengan beberapa langkah mudah, pemesanan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun dalam satu aplikasi. Tentu saja kualitas barang yang tersedia pun terjamin.

Tertarik untuk menjadi mitra AgriAku? Bersama dengan 1000 mitra lainnya, Anda dapat mencapai keuntungan yang berlipat dan kemudahan lainnya seperti:

  1. Lebih mudah daftar, gratis dan aman
  2. Lebih mudah catat transaksi
  3. Lebih mudah cari produk pertanian berkualitas dengan harga terjangkau

Berikut kata para Mitra AgriAku yang telah merasakan keuntungan dan kemudahannya:

Saleh Yusuf
Kios Berkah Tani, Gorontalo

“Harga paling murah! Tinggal tekan saja, barang langsung diantar. Tidak perlu antri-antri lagi untuk beli barang, tinggal pesan dari rumah kapan saja.”

Mamed
Kios Wulandari, Lampung

“Saya senang menggunakan aplikasi AgriAku. Saya bisa mengecek barang dengan cepat, belanja tanpa perlu ribet dari rumah, gampang! Harganya juga terbaik.”

Budiyanto
Kios Budi Jaya, Lampung

“Di aplikasi AgriAku, saya bisa cek harga dengan cepat dan bisa order tanpa perlu keluar rumah. Harganya juga terbaik. AgriAku, kesayanganku.”

Untuk pendaftaran kemitraan, silakan kunjungi website kami di sini dan mengisi form yang tersedia. Tim kami akan segera memproses pendaftaran kemitraan kamu. Bersama kami, raih omset yang meningkat dengan keuntungan yang berlipat!